Bisnis minuman yang lagi hits memang jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi banyak orang. Namun, apakah semua bisnis minuman kekinian mampu bertahan lama? Jawabannya, belum tentu. Ada banyak aspek yang bisa menjadikan bisnis tersebut bertahan lama di tengah persaingan yang semakin ketat.
Banyaknya orang yang membuat bisnis minuman kekinian juga membuat Anda harus benar-benar siap untuk terjun di industri ini. Anda harus mempersiapkan semuanya, mulai dari nama brand hingga logo yang unik agar bisa diingat oleh banyak orang. Untuk membuat minuman kekinian, ada beberapa trik sukses yang bisa Anda lakukan.
- Manfaatkan sosial media
Kini, sebagian besar orang menggunakan sosial media setiap harinya, ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk mulai mempromosikan bisnis Anda. Sosial media dinggap menjadi media yang efektif untuk pemasaran. Anda bisa menggunakan influencer yang memiliki engagement tinggi di sosial media untuk mempromosikan produk Anda, atau sekadar membuat konten-konten unik untuk menarik perhatian banyak orang di sosial media. Instagram dan Facebook menjadi media yang pemasaran yang dianggap paling efektif untuk saat ini.
- Lakukan promosi
Brand yang baru saja dimulai harus melakukan promosi secara rutin agar ada lebih banyak orang yang mengetahui brand tersebut. Cara berpromosi yang bisa Anda lakukan adalah datang ke acara-acara sekolah seperti event tertentu atau bazar yang memiliki pangsa pasar anak muda atau anak-anak di usia sekolah. Promosi lain yang tidak kalah menarik perhatian adalah pemotongan harga atau buy 1 get 1 juga bisa dilakukan sebagai bagian dari promosi.
- Tetapkan lokasi penjualan yang strategis
Lokasi dalam bidang kuliner akan sangat menentukan omset penjualan. Pemilihan lokasi yang tidak diperhitungkan sebelumnya akan membuat bisnis Anda menjadi sulit untuk berkembang. Pemilihan tempat harus diperhitungkan terlebih dahulu agar omset penjualan sesuai dengan yang Anda harapkan.
Meski menjadi peluang usaha yang menjanjikan, merintis bisnis minuman kekinian juga perlu diperhtingkan secara matang agar omset yang Anda inginkan dapat tercapai. Seperti bisnis lainnya, bisnis minuman kekinian juga membutuhkan strategi-strategi bisnis yang matang.
Jenis minuman apa yang akan dijual, apa nama brand yang akan dibuat, seperti apa logo brand tersebut hingga promosi seperti apa yang akan dijalankan harus diperhitungkan dan direncanakan sejak awal agar bisnis minuman kekinian bisa berjalan tanpa hambatan.