Lima Jenis Logo yang Bisa Dipilih Untuk Sebuah Brand

jasa desain logo

Sebagai sesuatu yang penting dan mewakili sebuah perusahaan atau brand, logo haruslah dibuat dengan berbagai pertimbangan. Meski kadang logo terkesan sederhana, namun proses pembuatannya jelas membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena alasan ini pula, banyak perusahaan atau brand yang memilih menggunakan jasa bikin logo.

Logo sebuah perusahaan biasanya dapat dikenali dengan cepat oleh banyak orang jika memiliki identitas warna dan bentuk yang unik. Bahkan, seorang designer logo harus mengetahui konsep desain logo sebelum membuatnya. Logo sendiri memiliki beberapa jenis yang umumnya jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja?

  1. Wordmark

Jenis logo ini berbasis font sederhana yang biasanya berfokus pada nama merk secara lengkap. Font yang digunakan dalamlogo ini biasanya sedikit dimodifikasi untuk tujuan desain tersebut. Anda bisa memilih jenis logo ini jika nama brand Anda kurang teridir 3 suku kata atau kurang, seperti Facebook dan Google. Namun, jika brand Anda memiliki lebih dari 3 suku kata, jenis logo ini tetap bisa digunakan. Anda hanya perlu memastikan bahwa brand Anda memiliki nama yang mudah diingat, sepert misalnya Coca-Cola.

  1. Logotype

Anda mungkin sering keliru antara jenis logo ini dengan Wordmark, karena secara tampilan dua jenis logo ini hampir serupa. Hal yang membedakan adalah adanya simbol di dalam desain teks. Simbol ini terkadang tersembunyi dan hanya bisa dilihat oleh sebagian orang. Salah satu merk yang menggunakan logo jenis ini adalah FedEx. Jika diperhatikan, logo FedEx memiliki panah tersembunyi di ruang putih antara huruf E dan X. Simbol ini dimaksudkan sebagai tanda kecepatan dan ketepatan.

  1. Symbols

Jenis logo ini dikenal juga dengan sebutan Brand Mark atau Pictorial Mark. Jenis logo ini biasnaya digunakan untuk sebuah merk yang panjang atau sulit diingat dan tidak memiliki singkatan yang terdengar menarik. Namun, di bawah simbol logo tersebut biasanya tetap tercantum nama brand tersebut. Sebagai contoh, simbol helm untuk Gojek. Keuntungan dari logo jenis ini adalah Anda bisa mendapatkan logo yang sangat imajinatif dan bisa memunculkan emosi konsumen. Jika emosi ini disampaikan dengan baik, maka logo akan sangat diingat oleh konsumen.

  1. Maskot

Jenis logo ini biasanya diwakili oleh sebuah karakter bergambar baik fiktif maupun non-fiktif. Karakter seringkali menggunakan pendiri atau pemilik perusahaan. Jenis logo ini bisa Anda gunakan jika ingin menarik perhatian anak-anak atau sebuah keluarga karena memiliki sifat yang ramah dan menyenangkan. Maskot biasanya juga berfungsi sebagai duta merk, seperti misalnya KFC dengan lambang pendirinya yang kemudian berubah menjadi logo mereka.

  1. Kombinasi simbol dan tulisan

Logo ini merupakan perpaduan dari gambar dan penulisan kata yang menjadi satu kesatuan. Anda bisa melihatnya di logo Burger King. Logo perusahaan cepat saji ini berupa simbol serta nama merk yang membuatnya terlihat seperti burger.

Untuk memilih mana jenis logo yang paling tepat untuk Anda, Anda harus mengetahui karakteristik brand terlebih dahulu, serta nama brand yang akan digunakan. Dengan begitu, Anda akan mudah memilih jenis logo yang tepat untuk brand Anda.

Namun, jika memilih jenis logo terbilang sulit, kami bisa membantu Anda untuk memilih dan mendesain jenis logo yang tepat untuk perusahaan dan brand Anda agar lebih mudah dikenali oleh banyak orang. Desain logo yang tepat juga dapat menarik perhatian calon konsumen dan mudah diingat oleh mereka. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu